Simpel saja dalam mengatasi segala permasalahan yang timbul atau terjadi pada aplikasi EMIS yaitu tinggal menghubungi Admin Kabupaten untuk mohon tolong dibantu, tetapi tentunya permasalahan yang terjadi harus diluar kemampuan operator sekolah/madrasah.
Permasalahan yang terjadi pada EMIS biasanya terjadi karena kurang update. Gunakan aplikasi AFE minimal versi terbaru AFE28022020, dan agar tidak repot update ulang. Cukup ganti file aplikasi emis.exe nya saja
A. Prosedur Pendataan EMIS Madrasah melalui AFE
- Memiliki Akun EMIS (Bagi Lembaga yang belum memiliki akun EMIS, harap mendaftar terlebih dahulu dengan kordinasi Operator Kemenag Kabupaten/Kota);
- Download Aplikasi Feeder EMIS (AFE) di halaman Menu Unduhan Dashboard;
- Ekstrak Aplikasi di Komputer Lokal
- Jalankan File Aplikasi emis.exe (aplikasi portable, jadi tidak perlu diinstal);
- Login sesuai Akun EMIS (Login Pertama sekaligus Get Data Lembaga, harus Online);
- Silakan Ambil Data pada menu Data Lampau/semester sebelumnya (Siswa, Guru dan Sarpras);
- Lakukan Update Data Lampau (Lembaga, Siswa, Guru, Sarpras), bisa dilakukan offline;
- Sinkronisasi Data (Lembaga, Siswa, Guru, Sarpras)
- Cek Data hasil sinkroniasi di Feeder Monitoring (FM) (Online) => http://emisdep.kemenag.go.id/madrasah_emis/monitor , pastikan progres berwarna hijau;
- Jika ingin melakukan proses hapus data double, Status DropOut, Non Aktif, dan Mutasi bisa dilakukan di FM;
- Konfirmasi Data (Jika sudah Sync Lembaga, Siswa, Guru, Sarpras. Semua lingkaran Progres Hijau) Pastikan data sudah lengkap dan Valid);
- Download dan Cetak BAP untuk ditandatangani Kepala Madrasah (harap periksa dengan cermat isi BAP);
- Upload BAP yang sudah ditandatangani (Tanda Akhir Pendataan);
- Selesai.
B. Troubleshooting AFE Versi 1.0
- Gunakan Versi 1.0 yang terbaru/Final melalui link resmi BUKA DISINI atau KLIK DISINI,ukuran filenya AFE 83 mb.
- Agar lebih ringan AFE dibuka, pastikan komputer menutup aplikasi lainnya.
- Satu Aplikasi hanya untuk satu Login Lembaga. Jika komputer terbatas, aplikasi bisa menjalankan beberapa pendataan AFE dalam satu komputer dengan folder yang berbeda.
- Jika pertama kali loading aplikasi dibuka (ada pesan please wait) lama, tutup atau close aplikasi, kemudian jalankan kembali aplikasi
- Jika form tidak bisa edit/dipilih seperti terkunci/lock, klik window luar aplikasi, kemudian kembali ke dalam aplikasi.
- Jika SignOut dalam kondisi aplikasi masih aktif untuk login lagi biasanya anda perlu klik window luar aplikasi kembali ke aplikasi lagi untuk login kembali.
- Pada saat tarik Data Lampau terkadang mendapatkan pesan Data Damage, hal itu terjadi disebabkan format data lampau tipenya tidak sesuai dengan yang seharusnya. Solusinya segera melaporkan melalui emisdashboard@gmail.com cantumkan NSM dan Nama Lembaganya, perihal terkait Data Damage tersebut.
- Jika Ingin melakukan Mutasi Siswa, Tambah dan Non aktif Siswa/GTk/Sarpras Gunakan Feeder Monitoring (FM), karena fitur tersebut tidak disediakan di AFE
- Proses Mutasi harus persetujuan Madrasah Tujuan.
- Proses Non aktif Siswa/GTK melalui persetujuan Kankemenag Kab/Kota.
- Jika Sudah melakukan Update di AFE, segera lakukan sinkronisasi agar hasil update dikirim ke Server EMIS Pusat untuk diselesaikan di FM, jangan melakukan ambil data lampau, nanti data yang anda miliki akan tertimpa, kembali seperti semula. Data final lembaga ada di Feeder Monitoring yang akan disiapkan untuk Cetak dan Upload BAP.
- Jika sudah terlanjur Upload BAP, tetapi ada kekeliruan. Maka masih diperkenankan untuk membatalkan BAP dengan cara mengajukan Permohonan Pembatalan BAP ditandatanagani Kepala Madrasah, surat ditujukan kepada Kankemenag Kab/Kota, scan surat filenya dilampirkan. Download Contoh Surat Disini dalam usulan melalui form usulan di menu Upload BAP.
- Ketika cetak BAP alamat wilayah tidak muncul, solusi: update AFE 1.0 28xxx , sinkronisasi data lembaganya saja.
C. Penting dibaca (Catatan)
- AFE hanya bisa ambil data lampau (semester sebelumnya), dan menyempurnakan atau membetulkan data tersebut untuk disync ke Server EMIS
- Untuk Data Pokok yang dikunci pada AFE adalah Siswa, NISN, NIK dan Nama Siswa, sedangan Guru, NUPTK, NIK, dan Nama Guru.
- Pada AFE tidak bisa dilakukan hapus, tambah data dan Mutasi tetapi melalui Feeder Monitoring
- Monitoring hasil Sinkronisasi AFE dilihat di Feeder Monitoring
D. Fungsi Selengkapnya Feeder Monitoring:
- Cek hasil Sync dari AFE
- Tambah Data Siswa, jika diperlukan. (sebelumnya harus Sync Siswa AFE)
- Tambah Data Guru, jika diperlukan. (sebelumnya harus Sync Guru AFE)
- Tambah Data Ruang Sarpras, jika diperlukan. (sebelumnya harus Sync Sarpras AFE)
- Menghapus Data Double/Dropt Out/Menonaktifkan Data Siswa dengan Persetujuan Kankemenag Kabupaten/Kota
- Menghapus Data Double/Menonaktifkan Guru dengan Persetujuan Kankemenag Kabupaten/Kota
- Mutasi Siswa antar Madrasah(sebelumnya harus Sync Siswa AFE), Usulan harus disetujui oleh Lembaga tujuan.
- Mutasi Siswa dari dan ke Sekolah Umum(sebelumnya harus Sync Siswa AFE), Usulan harus disetujui oleh Kankemenag Kab/Kota.
- Mutasi Guru (sebelumnya harus Sync GTK AFE)
- Perbaikan Data Pokok yang dikunci, melalui mekanisme usulan.
- Konfirmasi Data, Jika Data sudah lengkap dan sudah Valid.
- Cetak BAP
- Upload BAP (Lakukan Upload BAP sebagai tanda selesainya pendataan)
Surat Edaran Updating Pendataan yang ditandatangani Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam atas nama Direktur Jenderal. Surat Nomor B-356.1/Dj.I/Set.I/OT.01.3/02/2020 Tanggal 6 Februari 2020 DOWNLOAD DISINI. Jika ada yang kurang jelas, atau ingin memberi saran dan masukan, silakan kirim email ke: BUKA ALAMAT