Persiapan dan Checking Terakhir Perangkat Jelang ANBK 2021

0


Berdasarkan jadwal pelaksanaan Asesmen Nasional Berstandar Nasional (ANBK) tahun 2021 khususnya untuk SMP/MTs yaitu untuk gelombang satu tanggal 4-5 Oktober 2021 dan gelombang kedua tanggal 6-7 Oktober 2021. Oleh karena itu semua perangkat yang digunakan dalam pelaksanaan ANBK 2021 harus dipersiapkan secara maksimal. Dengan demikian diharapkan proses pelaksaan ANBK 2021 akan berjalan dengan sukses dan sesuai dengan yang diharapkan.

Adapaun Persiapan / Checking Terakhir Perangkat ANBK 2021, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Memastikan infrastruktur ANBK di Madrasah (seluruh spesifikasi Komputer Proktor Utama & Cadangan, Komputer Klien, koneksi internet, Topologi jaringan, UPS, Genset/listrik cadangan) baik moda Online & semi online sudah sesuai standar minimal dan ketentuan pelaksanaan ANBK serta dalam konndisi prima (siap digunakan)
  2. Uninstall software/aplikasi selain untuk ANBK, pindai dengan antivirus secara berlapis untuk menghindarkan terjadinya serangan malware/ransomware. Pastikan komputer proktor dan klien dapat berjalan dengan baik dan lancar;
  3. Bersihkan registry dan chace;
  4. Periksa kapasitas RAM/Clock Processor, hendaknya memenuhi standar ANBK;
  5. Matikan auto update Windows pada komputer proktor;
  6. Dilarang melakukan upgrade versi VirtualBox/Virtual Machine, harus sesuai dengan manual instalasi;
  7. Periksa fungsi NIC/ethernet, switch/hub, dan kabel LAN;
  8. Sediakan koneksi internet cadangan;
  9. Menyiapkan HDD Eksternal dengan kapasitas tersedian minimal 100GB dan Kapasitas HDD internal minimal 120GB, serta memastikan tidak ada badsector pada HDD tersebut;
  10. Menyiapkan HDD Eksternal dan Flasdisk yang sudah dipindai antivirus pada setiap ruang/server untuk kebutuhan backup data;
  11. WAJIB menggunakan VHD Fresh ANBK versi 13.0.0.1 (belum pernah dipatching sebelumnya);
  12. WAJIB menggunakan Proktor Browser Semi Online/ Proktor Browser Online/ Exambrowser Client yg terbaru sesuai pada Web ANBK di menu download berkas;
  13. Selalu pantau informasi pada Web ANBK;
  14. Unduh, baca, pahami, serta ikuti Petunjuk Sinkronisasi pada Laman Web ANBK;
  15. Perhatikan jadwal Sinkronisasi di web ANBK, maksimalkan melakukan sinkron sesuai tanggal dan jam pada jadwal sinkron;
  16. Setelah Sinkronisasi, WAJIB melakukan Copy/Backup VHD Sinkronisasi setiap ID Proktor ke HDD Eksternal dan Server Cadangan;
  17. WAJIB, WAJIB, dan WAJIB harus memiliki Backup VHD Hasil Sinkronisasi (harus ada dan aman). Tidak direkomendasikan melakukan Unlock Sinkron pada saat pelaksanaan AN berlangsung;
  18. Lakukan uji fungsi seluruh Komputer Proktor, Klien, jaringan, koneksi internet, UPS, Genset, dan periksa kestabilannya sebelum hari H pelaksanaan. Dan yg terpenting untuk moda full online, koneksi internet harus stabil dan dedicated hanya diakses untuk pelaksanaan AN (bandwith internet dengan rasio 12 mbps/15 komputer klien);
  19. Pada saat melakukan Backup data file (Copy VHD hasil Sinkron, copy VHD hasil Asesmen per-hari, Copy Backup source per-sesi, dan copy Transfer Respons per hari) ke HDD Eksternal hendaknya membuat manajemen file yg benar (rename nama file serta membuat folder-folder file yg mudah dipahami sesuai kebutuhan);dan
  20. Seluruh Proktor wajib mengisi Ceklist Pekerjaan Harian Proktor ANBK (sesuai surat dari Kanwil) sebagai kontrol/kendali SOP ANBK. untuk Ceklist bisa di donlot pada CEKLIST PEKERJAAN PROKTOR ANBK 2021

Post a Comment

0Comments

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*