Jenis jenis rezeki yang ditetapkan Allah

0

Allah SWT. telah menetapkan rezeki semua makhluk di dunia ini dari alam azali, baik itu bentuk, jumlah dan sumbernya. Jadi kita sebagai hamba Allah tidak perlu risau dalam menjalani hidup ini. Karena semua keperluan kita sudah disediakan oleh Sang Maha Pencipta. Tinggal kita, mau mengambilnya atau tidak.

Ayat-ayat Al Qur'an banyak menerangkan tentang hal ini. dan berdasarkan sumbernya, rezeki dapat dibagi menjadi :

1. Rezeki yang telah dijamin Allah SWT;

Inilah yang dimaksud kalimat awal pada postingan ini. Allah sudah menetapkan rezeki masing individu tanpa terkecuali. Rezeki yang telah dijamin Allah ini tidak dapat diusahakan. Ayat Al Qur'an yang berkaitan dengan hal ini yaitu Q.S. Huud : 6;

2. Rezeki karena sedekah;

Allah SWT juga menjamin rezeki bagi orang-orang yang bersekedah, tentu sedekah yang disampaikan dengan niat yang baik, ikhlas lillahi ta'aala dan dilakukan dengan istiqomah. Rezeki karena bersedekah termasuk dalam rezeki yang bisa diusahakan, karena semakin rajin seseorang bersedekah maka Allah akan membalasnya dengan berlipat-lipat ganda. Dalam Al Qur'an dijelaskan dalam QS. Al Baqoroh : 245;

3. Rezeki karena menikah;

Pernikahan adalah salah satu sebab datangnya rezeki, karena menikah adalah salah satu dari sunnah dan tentu merupakan ibadah. Ketika sepasang suami istri hidup rukun dan harmonis maka insyaAllah hidupnya akan mendapatkan rahmat (kasih sayang) Allah SWT. Kasing sayang Allah sangatlah banyak termasuk rezeki.

4. Rezeki karena anak;

Anak sendiri adalah rezeki yang dititipkan Allah kepada sepasang suami istri untuk dijaga, didik dan dijadikan manusia yang beriman dan bertaqwa kepasa Allah SWT. Terkait dengan rezeki, anak juga sudah dijamin rezekinya masing-masing, dan orang tua memanfaatkan rezeki anak untuk keperluan dan kebutuhan anaknya.

5. Rezeki dari jalan yang tidak disangka-sangka;

Kehidupan ini penuh dengan rahasia Allah SWT, tugas manusia adalah taat dan patuh untuk mengabdi kepada Allah, nah saat kita sudah maksimal dalam bertaqwa dengan keikhlasan, kesabaran, dan bersyukur atas apa yang dikaruniai Allah, InsyaAllah rezeki akan datang dari jalan yang tidak pernah terbayang dalam hati dan fikiran.

6. Rezeki karena usaha;

Allah SWT. memerintahkan kita untuk mencari karunia-Nya dengan melakukan usaha ( ikhtiar) yang sungguh-sungguh, tentu dengan tidak meninggalkan kewajiban kita kepada Allah SWT. Seperti yang dijelaskan dalam QS. Al Jumu'ah.

Dengan mengetahui sumber-sumber rezeki seperti yang disebutkan di atas dan masih banyak lagi sumber-sumber rezeki lainnya, Iman dan Taqwa serta do'a kepada Allah SWT adalah kunci pembuka dari semuanya.


*Jika ada yang salah, mohon untuk dikoreksi, terima kasih, Wassalam.

Plasdisk Original di Sini

Post a Comment

0Comments

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*