Cakupan dan ciri-ciri orang yang memiliki sifat Hedonisme

0

 Hedonisme adalah salah satu istilah yang barangkali sudah sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Istilah ini lazim dimaknai sebagai gaya hidup boros yang sepatutnya dihindari.

Hedonisme Menurut KBBI, dikutip dari kamus besar bahasa Indonesia (KBB), hedonisme adalah suatu pandangan yang menganggap kesenangan dan kenikmatan materi sebagai tujuan utama hidup di dunia.

Hedonisme cenderung menjerumuskan orang pada gaya hidup yang kurang sehat dan berdampak buruk sehingga menimbulkan masalah secara kesehatan, finansial, sosial, lingkungan, dan lainnya.

Secara harfiah kata hedonisme berasal dari bahasa Yunani ‘hedone’ yang memiliki arti kesenangan. Hedonisme adalah sebuah ideologi atau pandangan hidup yang meyakini jika kebahagiaan hanya bisa didapat dengan cara mencari kesenangan sebanyak-banyaknya dan menghindari perasaan menyakitkan.

Dalam filsafat, hedonisme adalah aliran yang menganggap bahwa kebahagiaan adalah hal terpenting dalam hidup, dan menegaskan jika kebahagiaan dapat dicapai melalui pemenuhan kebutuhan dan hasrat pribadi.  Aliran ini turut berpendapat bahwa kebahagiaan seharusnya menjadi tujuan utama dalam hidup seseorang dan segala sesuatunya akan memiliki nilai jika mampu membuat kita bahagia.

Sedangkan pemaknaan kata hedonisme dalam gaya hidup mengacu pada tindakan dan kebiasaan yang berfokus pada pemenuhan hasrat dan kenikmatan pribadi, seperti berlebihan dalam konsumsi makan, minum, dan belanja, serta menghabiskan waktu dan uang untuk aktivitas yang hanya memuaskan keinginan pribadi.

Dari pengertian yang ada ini dapat kita simpulkan jika hedonisme adalah gaya hidup yang fokus pada kenikmatan serta kepuasan pribadi tanpa mementingkan dampaknya terhadap diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Hedonisme sangat erat kaitannya dengan kekayaan, kenikmatan batin, kekuasaan, kebebasan, dan sebagainya.

Definisi Hedonisme Menurut Para Ahli

Melansir dari berbagai sumber, para ahli turut mendefinisikan hedonisme dalam berbagai perspektif yang cukup luas. Jadi selebihnya mengenai hedonisme, bisa dicari atau browsing di internet.

Intinya Hedonisme itu mencakup :

  1. Tujuan hidup hanya untuk bersenang-senang;
  2. Sering menghabiskan waktu untuk hal-hal yang sia-sia;
  3. Menginginkan kehidupan yang serba mewah;
  4. Sering meremehkan hal-hal penting, termasuk ibadah;
  5. Boros; dan
  6. Suka berlebih-lebihan dalam makanan.




Post a Comment

0Comments

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*