Waktu dan jam berapa sebaiknya kita makan?

0

 Perlu difahami bahwa makan itu bukan saja karena lapar, namun makan itu adalah aktifitas menyantap makanan untuk memenuhi hak tubuh atau badan. Jadi makan sifatnya wajib, kalau tidak makan berarti kita mendzolimi badan.

Oleh karena itu, supaya kita tidak mendzolimi badan, maka kita harus makan tepat pada waktu yang baik untuk kesehatan. Adapun waktu-waktu makan yang baik menurut sumber yang kami dapatkan dari sumber yang terpecaya dan sah, yaitu : 

1. SARAPAN (MAKAN PAGI)

Waktu yang tepat untuk  makan pagi atau sarapan adalah sekitar pukul 06:00 hingga pukul 09:00, atau yang lebih tepat kita dianjurkan sarapan atau makan pagi yaitu kurang lebih 30 menit setelah bangun tidur.

Untuk jenis atau menu sarapan, dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna tubuh, yang terpenting karbohidrat dan zat lainnya terpenuhi, dan ingat jangan terlalu banyak.

2. MAKAN SIANG

Waktu makan siang yang baik menurut kesehatan adalah 4 jam setelah makan pagi atau sarapan, yaitu sekitar pukul 12:30 hingga 14:30.

3. MAKAN MALAM

Untuk waktu makan malam yang baik adalah 3 jam sebelum tidur, yaitu sekitar pukul 18:00 hingga pukul 21:00.

Terakhir, yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu kenyang, sebab fungsi makanan adalah memberikan energi bagi tubuh. Jika makan terlalu banyak bukan energi yang didapatkan, namun bisa jadi energi yang ada akan habis untuk mencerna makanan, akibatnya setelah makan kita akan merasa lemas dan ngantuk.

Jadi intinya adalah jangan berlebihan. Berlebihan adalah saudaranya boros, berlebihan dan boros sangat dilarang Allah SWT.

Post a Comment

0Comments

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*