Tidak disangka inilah Fakta Tentang Kerokan

0

Masuk angin merupakan perilaku tubuh yang sudah biasa terjadi, apalagi kita sering keluar malam bahkan sampai kehujanan, bisa demam juga tuh.

Untuk mengatasi masuk angin sebagian orang banyak memilih untuk dikerok, yang dilakukan dengan cara  mengoleskan minyak atau balsem dan kemudian di gosokkan atau menggesekkan benda tumpul seperti koin, batu giok, hingga potongan bawang merah pada kulit punggung.


Namun tahukah anda bahwa dengan cara dikerok, bisa mengakibatkan banyak efek samping, sampai dengan penyakit berbahaya loh. inilah fakta tentang kerokan :

  1. Munculnya warna kemerahan pada kulit terjadi karena  pelebaran dan terpecahnya pembuluh darah di bawah kulit, dan tidak menutup kemungkinan terjadi iritasi kulit;
  2. Pelebaran pembuluh darah tepi yang menyempit atau menutup (vasokontriksi) akan menyebabkan tubuh akan melepaskan hormon beta-endorfin sehingga membuat penderita masuk angin merasa lebih baik;
  3. Kerokan bisa membuat berbagai macam bakteri dan virus masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori kulit yang terbuka setelah dikerok
  4. Kerokan juga bisa mengakibatkan stroke apabila dilakukan di bagian leher yang memilili syaraf yang menyambung ke otak.

Oleh karena itu, kalau memang terpaksa harus dikerok maka gunakanlah potongan bawang merah saja untuk digosokkan pada punggung, supaya ada sensasi hangat, dan Insha Allah akan membuat tubuh menjadi lebih baik.



Post a Comment

0Comments

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*