Ciri orang tua yang hebat dalam mendidik dan membesarkan anak

0

Masa depan anak tergantung dari bagaimana orang tua mendidik dan membesarkannya. Jadi, bagaimana mendidik anak yang baik tentunya orang tua harus memperhatikan beberapa hal yang penting baik dari segi lingkungan, kesehatan dan kenyamanan dalam menjalani kehidupan.

Berikut ini adalah ciri-ciri, sekaligus cara orang tua dalam mendidik dan membesarkan anak, dengan harapan kelak ketika dewasa menjadi manusia yang dibanggakan orang tua, agama, masyarakat dan juga bangsa negara.

1. Menyediakan lingkungan yang aman dan nyaman

Menyediakan lingkungan yang aman dan nyaman, bukan berarti harus mewah dan serba ada, tetapi pada intinya adalah memberikan rasa aman dalam arti ketenangan dalam melakukan dan mempelajari segala hal. Ketenangan bukan berasal dari keberadaan atau kemewahan, namun berasal dari fikiran yang baik, dan keteguhan iman.

2. Berusaha membangun keluarga yang harmonis

Tentu dalam menjalani kehidupan terutama dalam lingkungan keluarga tidak akan lepas dari konflik atau masalah. Pada dasranya masalah itu timbul dari ketidaksepahaman dalam memandang sesuatu antar semua anggota keluarga, dalam hal ini harus ada yang mau mengalah. Kemudian terkait dengan perkembangan anak, maka usahakan untuk tidak memperlihatkan konflik tersebut dan usahakan untuk mengekspresikan rasa cinta kepada anak sesering mungkin, dengan begitu anak akan memandang keluarga menjadi keluarga yang harmonis.

3. Memberikan pujian terhadap hal kecil

Ketika anak melakukan kegiatan tertentu, atau mendapatkan prestasi tertentu, memberikan pujian adalah langkah baik untuk membangun semangat mereka untuk prestasi-prestasi berikutnya

4. Taat dalam beragama

Taat dalam beragama, dalam arti bertaqwa adalah poin pertama yang harus ada dalam setiap orang tua. Dengan ketaatan maka orang tua akan belajar dan berusaha menjadi orang tua yang baik, mengajarkan nilai hidup yang ingin ditanamkan

5. Mengakui kesalahan

Manusia tidak lepas dari kesalahan dan kealpaan, dan ketika melakukan kesalahan dan kemudian diketahui bahkan anak bisa menegur, alangkah bijaknya jika segera mengakui kesalahan dan meminta maaf pada anak.



Post a Comment

0Comments

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*